Senin, 23 April 2012

Tujuan Pencegahan Infeksi dalam Pelayanan Asuhan Kesehatan

Cuci tangan-pencegahan infeksiTindakan pencegahan infeksi (PI) tidak terpisah dari komponen-komponen lain dalam asuhan selama persalinan dan kelahiran bayi. Tindakan ini harus diterapkan dalam setiap aspek asuhan untuk melindungi ibu, bayi baru lahir, keluarga,penolong persalinan dan tenaga kesehatan lainnya dengan mengurangi infeksi karena bakteri, virus dan jamur. Dilakukan pula upaya untuk menurunkan risiko penularan penyakit-penyakit berbahaya yang hingga kini belum ditemukan pengobatannya, seperti misalnya Hepatitis dan HIV/AIDS.

Tujuan tindakan-tindakan PI dalam pelayanan asuhan kesehatan:

  • Memindahkan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme
  • Menurunkan risiko penularan penyakit yang mengancam jiwa seperti Hepatitis dan HIV/AIDS.
Di masa lalu tujuan utama PI adalah untuk mencegah infeksi serius pasca bedah. Meskipun infeksi serius pasca bedah merupakan masalah di banyak negara, munculnya HIV?AIDS dan masalah berkelanjutan yang terkait dengan Hepatitis telah mengubah secara dramatis fokus pencegahan infeksi. Karena HIV/AIDS dan Hepatitis semakin sering terjadi, risiko terinfeksi penyakit-penyakit tersebut semakin meningkat.

Penolong persalinan dapat terpapar Hepatitis dan HIV/AIDS di tempat kerjanya melalui:

  • Percikan darah atau cairan tubuh pada mata, hidung, mulut atau melalui diskontinuitas permukaan kulit (misalnya luka atau lecet yang kecil)
  • Luka tusuk yang disebabkan oleh jarum yang sudah terkontaminasi atau peralatan tajam lainnya, baik pada saat prosedur dilakukan atau pada saat proses peralatan.
Memakai sarung tangan, mengenakan perlengkapan perlindungan pribadi (kaca mata, masker, celemek, dll.) dapat melindungi petugas terhadap percikan yang dapat mengkontaminasi dan menyebarkan penyakit. Waspada dan berhati-hati dalam menangani benda tajam, melakukan proses dekontaminasi, dan menangani peralatan yang terkontaminasi merupakan cara-cara untuk meminimalkan risiko infeksi. Pencegahan infeksi tersebut, tidak hanya bagi ibu dan bayi baru lahir, tapi juga terhadap penolong persalinan dan staf kesehatan lainnya.

PI adalah bagian yang esensial dari semua asuhan yang diberikan kepada ibu dan bayi baru lahir dan harus dilaksanakan secara rutin pada saat penolong persalinan dan kelahiran bayi, saat memberikan asuhan selama kunjungan antenatal atau pasca persalinan/ bayi baru lahir atau saat menatalaksana penyulit.


Sumber referensi:
Buku Acuan Palatihan Klinik, Asuhan Persalinan Normal; Asuhan Esensial, Pencegahan dan Penanggulangan Segera Komplikasi Persalinan dan Bayi Baru Lahir; JNPK-KR, Departemen Kesehatan RI, 2008
Sumber gambar: http://www.merseycare.nhs.uk


Lanjut ke:
>>> Definisi tindakan-tindakan pencegahan infeksi
Kembali ke:

<< Pencegahan infeksi
< Lima benang merah dalam asuhan persalinan dan kelahiran bayi

2 komentar:

Komentar, pertanyaan maupun opini anda sangat bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar, kritik dan saran Anda sangat berarti bagi Kami

© 2011 www.nengbidan.com. All Rights Reserved | Privacy Policy